2014-01-27 13.16.43

The Lost World of Science #SporeTrip (part 2)

Menyambung  #SporeTrip part 1 sebelumnya, perjalanan saya di Singapura masih menyisakan dua hari yang saya manfaatkan untuk mengunjungi Universal Studios, Science Centre  dan Cat Cafe.

Universal Studios Singapore (USS) 20140126_121253 Sebagai penggemar film, tentunya Universal Studios menjadi tujuan wajib saya d Singapura. Dari 7 zona yang ada, saya paling antusias mengunjungi Lost World,  karena sentimental reasons pada Jurassic Park yang sampai saat ini masih jadi salah satu film favorit saya sepanjang masa! Sebelumnya saya sudah diwanti-wanti oleh teman saya yang sudah pernah berkunjung ke USS agar datang lebih pagi -apalagi pada saat weekend- jika tidak ingin terjebak dalam antrian panjang beberapa wahana yang populer. Untungnya, walaupun kami berdua datang agak kesiangan,  kami hanya menemui antrian yang agak panjang di Canopy Flyer (zona Lost World) dan Transformers 3D (zona Sci-Fi City). Agak sebal karena ternyata durasi Canopy Flyer terasa sangat singkat dibandingkan waktu antriannya😀. Di zona Lost World, yang paling seru tentunya Jurassic Park Rapids Adventure. Saya beruntung, area seat saya di wahana rafting itu tidak terkena guyuran air terlalu parah, tidak seperti Wisha yang sukses basah kuyup😀.

20140126_121235 Sebetulnya Universal Studios ini tidak terlalu besar untuk dijelajahi, bahkan jika antrian masing-masing wahana tidak terlalu ramai, mungkin tidak butuh sampai seharian untuk mengelilinginya. Kami tiba sekitar pukul 12, dan pukul 3 sore kami sudah sampai ke wahana terakhir yaitu Lights! Camera! Action! di zona New York. Mungkin jika berkesempatan mengunjungi Universal Studios yang ada di Osaka, Jepang akan lebih seru ya :p. Sayang, wahana yang paling spektakuler yaitu Battlestar Galactica masih vakum sampai saat ini. Apalah artinya theme park tanpa rollercoaster raksasa (walaupun saya belum tentu berani naik juga, sih. hehehehe) :p. Konon  beberapa insiden terkait teknis safety (saya baca di link ini) menjadi penyebab ditutupnya wahana Battlestar Galactica sampai kurun waktu yang tidak ditentukan. 2014-01-26 15.58.41 2014-01-26 15.09.20

Highlights: menyaksikan animatronik raptor di zona Lost World dan sukses berfoto dengan karakter Beetlejuice!😄 2014-01-26 13.35.46 20140126_151041

Science Centre Singapore 2014-01-27 11.51.49 Dari semua tujuan wisata yang kami kunjungi di #SporeTrip kali ini, Science Centre Singapore ini sukses jadi favorit! Bagi yang menghabiskan masa kecilnya membaca berbagai macam ensiklopedia ilmu pengetahuan sudah pasti akan bahagia sekali berkunjung kesini. Walau lokasinya cukup jauh dari lokasi kami (Jurong, tepatnya selisih 17 stasiun dari Novena pada jalur North South Line 8′))) ) tapi memang terbukti worth the trip!. Apa sih yang membuat science centre ini begitu istimewa? Ternyata konsepnya yang interaktif! Para pengunjung bisa ‘bermain’ langsung dengan berbagai display yang ada untuk memahami konsep applied science yang sebenarnya.

Berikut area mapnya:

Screen shot 2014-02-26 at 2.44.53 PM(sumber: http://www.science.edu.sg/)

Saking kerennya saya sampai bingung memilih foto yang mana saja untuk ditampilkan di sini X’D So brace yourselves, it’s gonna be pictures galore!

Science 1Menguji perspektif di Zona The Mind’s Eye dan pendengaran di Zona Sound

2014-01-27 12.44.21Mencoba mengenal lebih jauh planet tempat kita tinggal di zona Earth dan Climate Change. Beberapa alat peraga yang paling keren di zona ini: 3D earth topography mapping, simulator gunung berapi, angin topan dan gempa bumi.

Science 2

Ingin tahu rasanya berada di tengah angin topan yang melaju 40 km/jam? Yang jelas suara anginnya HOROR, padahal saya  tidak ikut masuk ke Typhoon Chamber-nya lho 8′)).  Kami juga mencoba simulator gempa bumi, di mana satu ruangan akan ‘bergoyang’ sesuai level gempa yang dipilih.
Anyway, i love how they incorporated recent climate issues with Singapore’s climate strategy in one of the booth😀

Science 3

Medium bercerita yang unik juga bisa kita temukan di Science Centre, mulai dari penggunaan wayang hingga booth interaktif siklus karbon.

2014-01-27 12.58.33

Why make it difficult if we can make it fun? Mereka tahu betul cara menarik minat pengunjung (khususnya anak-anak) dengan menampilkan superhero mutan sebagai contoh di zona Bioethics. Juga ada bioskop mini yang menyajikan film-film yang relevan dengan topik science. Tidak melulu film ‘serius’ lho, malah beberapa judul film yang ditayangkan mulai dari Superman Returns hingga Monster, Inc. For the CSI in you, ada DNA Learning Lab juga, lho!

Science 4

By the way, semua ini baru sebagian kecil dari lantai satu saja😀. Jadi kalau bisa luangkan waktu seharian jika ingin puas mengeksplor seluruh isi Science Centre yang luas ini😀. Di lantai 2 masih ada 5 zona, di antaranya yang sempat kami kunjungi yaitu Robotics Learning Centre, Newton Room dan Quirky Inventions.

2014-01-27 13.47.39

Science 5

Kami cukup beruntung karena pada saat kami berkunjung, sedang berlangsung pameran ‘Titans of the Past’ di Annexe hall, yaitu pameran fosil hewan zaman purba. Tentu saja kami tidak menyia-nyiakan kesempatan ini dan langsung membeli tiket terusan x)

Dino ExhibitionSeperti biasa tata pencahayaan untuk display pameran memang sengaja diredupkan supaya tidak merusak fosil yang mayoritas asli, jadi harap maklum saja jika fotonya agak remang-remang :p2014-01-27 13.10.33 Ternyata tengkorak kepala Triceratops itu luar biasa besar. Cuma berdiri di samping tengkorak saja bisa bikin merinding, hihi. Selain Triceratops, ada juga fosil asli tengkorak kepala Tyrannosaurus Rex terbesar di dunia!

Biggest TRex Skull

20140127_131459

Trex tooth Setting pamerannya sendiri seperti yang bisa dilihat, hanya berupa hall besar yang terbagi menjadi beberapa lorong  berlatarkan kain hitam.  Namun suasananya malah jadi ‘mencekam’ karena kita bisa samar-samar mendengar suara geraman berbagai animatronik dinosaurus yang memang dihadirkan khusus di pameran ini. Jadi cukup deg-degan karena tidak pernah tahu akan ada mahluk purba apa di tikungan selanjutnya😄.2014-01-27 13.16.43

Life-size fosil T-Rex yang bikin saya stress

2014-01-27 13.15.24

Animatronik peraga suara dinosaurus.

2014-01-27 13.25.42 Ini dia ‘bintang’ pameran ‘Titans of The Past’ yang sukses bikin saya ketakutan. Jika tadi hanya tengkoraknya saja, ini adalah life-size animatronik Tyrannosaurus Rex yang bisa bergerak dan menggeram.  Seram rasanya membayangkan kalau raja karnivora ini tiba-tiba hidup dan mengejar pengunjung X’D

Penasaran? Coba simak video rekamannya berikut ini:

Di lorong selanjutnya, dua buah fosil Stan T-Rex dan Giganotosaurus Carolini dengan lebar masing-masing 12 m dan tinggi sekitar 4 m juga tidak kalah mengundang decak kagum. Bahkan di antara kedua fosil tersebut ada kotak voting kira-kira siapa yang akan menang jika keduanya bertarung😄
Pameran diakhiri dengan segmen mamalia purba dari zaman es: Mammoth, Smilodon (Sabretooth), Mastodon dan lain-lain.

20140127_1328332014-01-27 13.27.36 Ice ageKarena keterbatasan waktu dan harus bergegas ke destinasi berikutnya, eksplorasi kami di Science Centre (terpaksa) harus disudahi dulu. Overall, it’s the best SGD 25 i’ve ever spent!

Tertarik mengunjungi Science Centre Singapore? Kunjungi di:
15 Science Centre Road
Singapore 609081
Jam operasional: 10 AM – 6 PM

Naik MRT menuju stasiun Jurong East (East West/North South Line) dan lokasi bisa dicapai dengan jalan kaki sekitar 10 menit.

HTM SGD 12 untuk dewasa.
Jika sedang ada pameran, biasanya ada tiket terusan (tiket saya seharga SGD 25 sudah termasuk tiket Science Centre + Titans of The past)

Klik situs resmi mereka untuk detilnya:
http://www.science.edu.sg/

2014-01-27 11.54.40

Tidak sempat main di taman airnya deh, hiks

Tunggu postingan #SporeTrip part 3 untuk perjalanan selanjutnya ke Cat Cafe Singapore!😀

One thought on “The Lost World of Science #SporeTrip (part 2)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s