2013-12-04 22.28.27

[DESSERT] Homemade Ice Cream Mochi Delights

Hola! Jadi beberapa waktu lalu sebelum kiriman oven listrik saya datang, saya udah keburu ngebet mempraktekkan resep yang saya temukan dari internet😄 Untuk yang baru masuk dapur pemula seperti saya, saya sih lebih senang mencoba membuat makanan/cemilan yang saya sukai terlebih dahulu, dalam kasus ini ice cream mochi. Saya sih memang belum mencicipi ice cream mochi dari banyak gerai, tapi saya suka sekali ice cream mochi yang ada di restoran Bon-Chon. Dan agak sebal karena porsinya cuma sekali lahap langsung habis 8)))
Resep untuk Ice Cream Mochi kali ini saya adopt dari The Squishy Monster. Ada video tutorialnya juga, jadi sangat membantu🙂

INGREDIENTS
MOCHI
2 sendok teh matcha powder
1 cup tepung beras ketan (saya memakai merk Rose Brand)
4 sendok makan gula
½ sendok teh garam
1 cup air dingin
Tepung maizena untuk membuat adonan.

GREEN TEA ICE CREAM
2 cup heavy cream, dingin (saya memakai merk Anchor)
1 cup gula tepung
5 sendok teh matcha powder

CARA MEMBUAT:

1. Kita akan membuat ice creamnya terlebih dahulu; pertama-tama aduk heavy cream hingga kaku. Anyway, mestinya memang menggunakan mixer tapi karena saya tidak punya, jadi mengaduk dengan cara manual x’) harus agak bersabar (dan bertenaga) saja. Jika tekstur kaku sudah terbentuk, masukkan matcha powder dan gula tepung, aduk hingga merata. Sisihkan dan diamkan di freezer hingga beku.

2013-12-04 20.52.35 2. Untuk mochinya, campur tepung beras ketan, matcha powder, gula dan garam. Masukkan air dingin sedikit demi sedikit sampai semua bahan tercampur merata.

2013-12-04 21.00.26

3. Karena saya tidak memiliki microwave untuk memasak mochi seperti di resep aslinya, saya menggunakan rice cooker. Masukkan adonan mochi langsung ke wadah non-stick rice cooker dan masak sekitar 3 menit. Dicek sesekali ya, jangan sampai adonannya terlalu matang/gosong.
Tes menggunakan spatula, jika kekenyalan adonan sudah cukup konsisten maka mochi sudah siap dibentuk.
Nah, sambil menunggu, persiapkan permukaan talenan/loyang besar untuk membentuk adonan mochi, dan taburi dengan tepung maizena. Be generous! tepung ini akan mencegah adonan menempel di permukaan talenan.

2013-12-04 21.36.15

4. Jika adonan sudah dirasa cukup matang, keluarkan adonan menggunakan spatula dan letakkan pada talenan yang sudah ditaburi tepung maizena tersebut. Gunakan juga pada tanganmu supaya adonan tidak terasa lengket. Jangan lupa siapkan ice cream yang sudah dibekukan.
Nah, bagian paling sulit sebetulnya dimulai di sini 8′))) mochi harus segera dibentuk supaya masih bisa melekat dan ice cream tidak cepat cair. Selagi hangat, gunakan rolling pin untuk meratakan adonan.
Potong-potong mochi ke dalam beberapa bentuk bujur sangkar seperti gambar berikut.2013-12-04 21.40.25Letakkan satu sendok ice cream untuk satu adonan mochi, dan segera lipat adonan seperti amplop untuk membungkus. Lakukan ini hingga adonan habis.  Supaya lebih jelas, bisa lihat link video yang ada di awal blog ini🙂
Mochi siap disantap atau bisa dibekukan lagi di freezer untuk lain waktu. Lebih baik tidak lebih dari sehari, sih😀

2013-12-04 22.28.27

 

Maklumi saja ya tampilannya belum mulus, namanya juga masih eksperimen :p

2013-12-04 22.04.43

 

Jika kamu sudah mahir membuat adonan dasar mochi, bisa coba alternatif filling lainnya lho! Antara lain Strawberry Daifuku atau mochi isi strawberry.

INGREDIENTS
1 resep adonan mochi
Buah strawberry, pisahkan dari steknya, potong jadi dua bagian
Nutella untuk olesan

CARA MEMBUAT
1. Buat adonan mochi seperti di atas
2. Oleskan Nutella dan letakkan potongan strawberry. Bungkus. Lakukan hingga adonan/strawberry habis.

2013-12-04 22.13.23

Gimana, cukup simpel kan! Silakan kreasikan lagi resep mochi ini sesuai seleramu. Jika sudah mencoba, sharing pengalaman dan tips-tipsnya juga ya di sini😀

 

2 thoughts on “[DESSERT] Homemade Ice Cream Mochi Delights”

    1. Kebetulan yg saya beli tidak ada merknya, hanya dikemas di ziplock alumunium foil. Belinya di supermarket Cosmo (memang supermarket Jepang) di daerah Bulungan. Di supermarket impor seperti Grand Lucky, Ranch Market atau Food Hall biasanya ada matcha powder Korea (saya lupa merknya) dalam bentuk botol tube, harganya sekitar 160 ribuan. Memang agak mahal, tapi sekali penggunaan di resep baking biasanya hanya 1-2 sendok makan saja jadi cukup awet😀

Tinggalkan Balasan

