Titus resize

Titus (1999) – review

Berawal dari keisengan membaca greek & roman mythology/literature di wikipedia mengantarkan saya ke keberadaan kisah tragedi gubahan William Shakespeare, Titus Andronicus yang diangkat ke film rilisan tahun 1999 ini.

Nama-nama familiar yang terlibat di produksi film ini yakni Anthony Hopkins, Jessica Lange, Alan Cumming, Jonathan Rhys Meyers. Titus sendiri berkisah tentang ambisi, dendam dan intrik seputar kehidupan jenderal perang Romawi, Titus Andronicus (Anthony Hopkins). Sepulang dari perang, Titus dihadapkan dengan perselisihan antara dua bersaudara calon penguasa Romawi, Saturninus (Alan Cumming) dan Bassianus (James Frain) yang memperebutkan tahta. Walau Titus sendiri ditawari posisi tersebut atas jasanya menaklukkan Queen of Goths, Tamora (Jessica Lange) — musuh yang telah menjadi tawanan mereka, ia menolaknya karena merasa tidak cocok untuk memimpin Romawi. Dari sinilah intrik bergulir, mulai dari upaya masing-masing calon dalam merebut pengaruh Titus hingga Tamora yang masih menyimpan rencana balas dendam terhadap Titus.

Bagi yang pertama kali menonton film ini pasti bingung dengan adegan pembukanya yang mengambil setting modern. Dari iring-iringan tentara kok tiba-tiba ada……mobil dan motor😄 Namun seperti halnya saya menyukai adaptasi modern Romeo+Juliet milik Baz Luhrmann (1996) saya sendiri suka sekali paduan unsur ancient dan modern yang diadopsi Julie Taymor sang sutradara. Bahasanya sih tetap memakai bahasa sastra zaman Shakespeare😀 Karya Julie Taymor yang mungkin lebih familiar dengan publik sini yaitu award-winning Frida (2002) dan musikal Across The Universe (2007).

bassianus

Zaman Romawi udah ada microphone, hihi

Dengan background Julie di opera dan panggung teater tidak heran sajian visualnya selalu unik dan mengundang decak kagum. Misalnya saja di Titus, Julie memberikan sentuhan jazz age dan punk dalam menggambarkan pesta pora para bangsawan Roma.
Character-design favorit saya di film Titus ini adalah tokoh yang diperankan Alan Cumming, Saturninus. Mulai dari tatanan rambut dan wardrobenya keren banget!😀

saturninus

saturninus 2

Tidak lupa Jessica Lange yang selalu tampil memukau di setiap perannya. Kostumnya sebagai Tamora futuristik sekali, seperti Queen of Aliens!. Milena Canonero, sang costume designer di film Titus ini bukan nama asing di kancah Hollywood. Hasil karyanya antara lain di film klasik A Clockwork Orange (1971), The Godfather Trilogy (1901-1980)  hingga Marie Antoinette (2004) dan yang akan tayang, The Grand Budapest Hotel (2014). Ah ya, jika boleh memberikan sedikit hint, Anthony Hopkins will display his ‘inner-Hannibal Lecter’ here. Sesuai tagline, revenge is not always sweet. XD

tamora 2

Bagi kamu yang senang memperhatikan detil produksi seperti set production dan wardrobe design, atau suka visual surealis seperti The Fall, menonton Titus ini sungguh memanjakan mata! Durasi film ini memang cukup lama, 162 menit!😄 Tapi saya sendiri sih cukup menikmati, mungkin bagi yang tidak doyan menonton drama (apalagi dengan bahasa ala Shakespeare) akan cukup melelahkan.

ShakespeareTitus

So if you’re up for the challenge, go watch Titus! 
(make sure find ones with subtitle to ease the pain😀 ) 

Score: 7/10

Watch the trailer:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s