the-conjuring-movie-poster-wallpaper

The Conjuring – review

James Wan, kreator film Saw dan Insidious yang sukses bikin saya ketakutan, kembali meneror kita semua lewat film horor terbarunya The Conjuring. Walau timing rilisnya nampak menyalip Halloween season beberapa bulan lebih awal, namun secara mengejutkan The Conjuring menempati posisi unggul di box office dengan pendapatan sekitar US$ 41 juta (and counting), hampir dua kali lipat dari budgetnya sendiri.

Screen shot 2013-07-25 at 10.59.20 AM
Meet the unlucky Perron family

Screen shot 2013-07-25 at 11.04.37 AM

Formula yang digunakan The Conjuring sebetulnya masih sama, yaitu seputar keluarga yang pindah ke hunian baru dan perlahan menyadari kalau ada ‘sesuatu’ yang tidak sewajarnya, dan memutuskan untuk memanggil investigator paranormal. Sisanya ya memang pintar-pintarnya sutradara dalam mengolah adegan yang bisa bikin penonton stress :D Itu sudah terbukti ampuh dalam Paranormal Activity (note: hanya yang pertama), Insidious dan Sinister yang juga memiliki formula kurang lebih sama dengan approach yang sedikit berbeda. Adapun yang memberi The Conjuring sentuhan yang lebih horor karena embel-embel ‘based on true story’ yakni dari kasus milik pasangan investigator paranormal ternama Ed dan Lorraine Warren. Ternyata mereka berdua juga yang dulu menyelidiki tragedi pembunuhan brutal Amityville.

Screen shot 2013-07-25 at 10.43.02 AM

Screen shot 2013-07-25 at 10.46.39 AM

Tim marketing The Conjuring sendiri nampaknya tidak tanggung-tanggung dalam menebar kengerian film ini, misalnya saja pada saat screening bersama Chicago Horror Society akhir Juni lalu, mereka sengaja memasang signage warning, lengkap dengan goodie bag berisi holy water dan rosario serta menghadirkan pastur. An awesomely cool gimmick!😄

Screen shot 2013-07-25 at 10.03.23 AM

conjuring 1

(image source: dreadcentral.com)

Sabtu lalu saya dan rombongan ScreenSavers x SBD33 meniatkan diri untuk menonton The Conjuring midnight session. Hasilnya? Beberapa anggota rombongan sukses jerit-jerit di dalam studio😄. Untuk saya sendiri, sebetulnya saya agak menyesalkan kenapa hampir 70% adegan jump scare dalam film sudah diperlihatkan di trailer -__- Kenikmatan menontonnya agak sedikit berkurang karena sudah tahu adegan mana yang akan kenapa. Jadi beruntunglah kalian yang belum melihat rangkaian trailernya, karena akan merasa terpuaskan sekali😀

Namun tentu saja saya tetap memuji kehebatan James Wan yang terampil menghadirkan suasana mencekam dengan effort yang bisa dibilang minimal. Misalnya saja, saat salah satu anak keluarga Perron menangis ketakutan karena merasakan ada sosok misterius di balik pintu kamarnya. Scene tersebut padahal hanya menyoroti pojok kamar yang ekstra gelap saja lho, tanpa ada apa-apa tapi bisa memainkan sugesti penonton!

Screen shot 2013-07-25 at 10.44.47 AM

Screen shot 2013-07-25 at 10.57.55 AM

Satu lagi yang saya sangat suka sekali dari karya James Wan: opening title khas horor klasik, ala The Omen dan The Exorcist. Saya pun baru ngeh kalau dia juga yang membuat Dead Silence (2007)😄 he surely has a flair for creepy dolls, which mostly featured on several of his works, hence his twitter ID (@creepypuppet). Jika kamu jeli, konon di ruang barang sitaan milik pasangan The Warrens ada penampakan boneka Jigsaw juga x)

Patrick Wilson dan Vera Farmiga nampaknya akan jadi horror/thriller darlings ya, apalagi Patrick masih akan membintangi Insidious 2, sedangkan Vera sebelumnya sudah bermain di Orphan dan juga di seri Bates Motel sebagai Norma Bates.

Overall, saya sebetulnya merasa review dengan pujian selangit di media luar agak berlebihan, dan saya masih lebih terkesan dengan Insidious dan Sinister, terutama karena faktor ending The Conjuring yang kurang sreg di hati x) Tapi bukan berarti The Conjuring film yang buruk, karena seluruh film yang telah saya sebutkan di postingan ini menurut saya adalah film-film hebat yang berhasil merestore kengerian pada film horor barat. Surely i’m looking forward for more, James Wan!

The Conjuring akan tayang reguler Jumat (26/7) ini. Tips: lebih seru ditonton beramai-ramai ^^

Score: 7.5/10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s