BC poster

Beautiful Creatures – review

Digembar-gemborkan sebagai ‘pengganti Twi-lame’, saya awalnya agak pesimis waktu akan menonton film ini 8)). Apalagi sama-sama diangkat dari novel teen-lit, or as they try to call it: young adult genre.

Saya sebetulnya terkesan melihat trailernya yang justru mengingatkan saya pada film Stardust, apalagi dengan kehadiran bintang senior Jeremy Irons dan Emma Thompson. Beautiful Creatures sendiri menjual kisah fantasy-romance, dibuka dengan narasi dari sudut pandang Ethan Wate, seorang pemuda dari kota Gatlin (Alden Ehrenreich) yang seringkali bermimpi tentang gadis misterius. Di tengah hubungan on-off nya dengan Emily Asher (Zoey Deutch), datanglah siswi baru bernama Lena Duchannes (Alice Englert, sepintas mirip Emily Blunt muda) dari keluarga Ravenwood. Warga kota Gatlin digambarkan sangat konservatif, dan keluarga Ravenwood yang eksentrik dicap sebagai keturunan penyihir. Kehadiran Lena di sekolah bahkan ditentang habis-habisan oleh Mrs. Lincoln (Emma Thompson), tokoh masyarakat setempat. Namun itu tidak membuat rasa penasaran Ethan terhadap Lena pupus. Apakah Lena adalah gadis misterius di dalam mimpi Ethan?

Sepintas mungkin terdengar seperti plot teen-romance cheesy yang standar, tapi film ini SURPRISINGLY GOOD!😀 Yang membuat Beautiful Creatures ini berbeda yaitu pengembangan karakter dan dialog-dialognya yang justru anti-klise dan sarat humor. Adegan perkenalan Ethan dan Lena pada 10 menit pertama film ini membuat saya terpingkal. Juga pada saat Ethan bertemu dengan paman Lena, Macon Ravenwood yang diperankan Jeremy Irons. 8)))

Ethan Wate: I’m Ethan Wate.
Lena Duchannes: Ethan Wate? You mean *the* Ethan Wate drove me home?
Ethan Wate: You’ve… You’ve heard of me?
Lena Duchannes: No.

BC - Macon Ethan Lena

Macon Ravenwood : (looking at piano) ‘Lena why don’t you play something for our guest?’
Lena Duchannes: ‘Cos we’re not in a Jane Austen novel.’
Macon Ravenwood: (awkward grin) ‘Then why don’t you go make us some tea?’
Lena Duchannes: ‘Again, wrong century.’

Saya sendiri suka sekali karakter Ethan dan Lena. Emotionally-realisticpoeticlywitty and simply passionately in love with each other. Tidak terlalu menye-menye sebagaimana yang biasa digambarkan pada film cinta remaja umumnya.

BC Ethan Lena

Lena Duchannes: Ethan promise me one thing; it will be a perfectly normal human date.
Ethan Wate: I swear. I won’t even call you after the date.
Lena Duchannes: Jerk.
Ethan Wate: Witch.
Lena Duchannes: Jock.

Ada satu adegan yang sederhana tapi manis sekali, dihiasi dengan alunan soundtrack yang tak kalah ciamik, yang ternyata dinyanyikan sendiri oleh pemeran Lena, Alice Englert. Dengan alunan musik acoustic-soul dengan warna suara rock, she sounds like Janis Joplin! Crazy talented. 

Listen to OST Beautiful Creatures ‘Needle and Thread’ by Alice Englert:

Entah kenapa ratingnya termasuk mediocre, padahal menurut saya film ini cukup fresh,
terutama humornya. Konon banyak pembaca novelnya agak kecewa dengan adaptasi filmnya; dan karena saya tidak baca bukunya jadi saya tidak tahu apa yang membuat mereka kecewa. Adapun kemungkinannya karena ceritanya terlalu di’ringkas’ padahal ada beberapa karakter yang cukup menarik untuk digali lebih jauh seperti Ridley, sepupu Lena yang super-bitchy, diperankan oleh Emmy Rossum. Mungkin juga karena tidak terlalu banyak show of magic yang spektakuler.

BC - Ridley

BC Duchannes family

Yang jelas, menurut saya mengkategorikan Beautiful Creatures dalam kotak yang sama dengan Twilame itu penghinaan 8)) Dua film ini bermain dalam liga yang beda, setidaknya untuk saya, bisa disejajarkan dengan  Stardust dan Big Fish. Saya juga suka ending yang diberikan.

Beautiful Creatures had me bewitched! 8/10

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s